Cara membuat surat lamaran dari contoh surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar tentu sangat dibutuhkan. Kiat penulisan surat lamaran kerja serta beberapa hal yang harus diperhatikan jika Anda menulis surat lamaran pekerjaan.
Untuk menulis surat lamaran pekerjaan, Anda harus menggunakan bahasa Indonesia, juga bisa menggunakan bahasa inggris tergantung dimana anda mau melamar kerja. silahkan lihat contoh surat lamaran kerja bahasa inggris yang baik dan benar, yang dikenal dengan EYD (ejaan yang disempurnakan) jangan menggunakan singkatan. sesuai dengan prosedur, karena surat lamaran adalah salah satu syarat yang menentukan apakah Anda diterima atau tidak. Karena dengan surat itulah pihak perusahaan bisa mengetahui data-data, potensi dan kemampuan Anda, apakah cocok dan pas untuk memegang jabatan yang dibutuhkan.
![Tips membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar.jpg](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjycFl8BMZzmIexjv9TuMbMVCQWc8nfHSYoSS8Bs4AUQE0k4aGJp9bMTOTnAwiLyhO64MaCDgy6m5tvACQdQYsH5SxtebedfpqDr7st6gafXghue-UnMrg1vQzN1XlQQj1tSLdjMXcNWRU/s320/Tips+membuat+surat+lamaran+kerja+yang+baik+dan+benar.jpg)
Berikut liputan informasi beberapa tips untuk menulis contoh surat lamaran kerja yang baik.
1. Pergunakanlah bahasa Indonesia yang baik dan benar
Untuk membuat surat lamaran kerja yang baik, kita sebaiknya menggunakan bahasa Indonesia yang baik sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD). Ini jika surat lamaran Anda memakai bahasa Indonesia, berbeda lagi dengan bahasa-bahasa lainnya. Semua perusahaan pasti menginginkan surat yang resmi. Terkadang suatu perusahaan pun mengharuskan membuat surat lamaran dalam bahasa Inggris.
Kita sebagai pelamar harus mengikuti keinginan perusahaan yang kita tuju. Jangan sampai kita membuat surat lamaran dengan memakai bahasa yang lain. Pokoknya, turuti semua kemauan yang sudah tercantum dalam info lamaran kerja. Untuk meminimalisir kesalahan setelah kita membuat lamaran pekerjaan bandingkan dengan lamaran yang lain. Setelah itu periksa, jangan sampai ada satupun huruf yang salah karena akibatnya fatal.
2. Tulis dengan rapi
Kalau tulisan tangan kita tidak memadai untuk rapi, cobalah pergunakan komputer. Perusahaan sekarang sudah jarang menyuruh membuat lamaran dengan tulisan tangan. Jelas dengan komputer lebih efektif dan rapi. Usahakan kita membuatnya sendiri, jangan download terus tinggal ganti nama.
Terkadang ada beberapa perusahaan yang mengharuskan memakai tulisan tangan, maka lakukanlah sesuai permintaannya. Memakai tulisan tangan pun harus rapi, lihat contoh yang sudah ada sebagai perbandingan. Menggunakan komputer ataupun menulis dengan tangan sebenarnya sama saja. Secara psikologis, lamaran dengan komputer akan terlihat lebih elegan dan memperlihatkan bahwa kita bisa mengoperasikan komputer.
3. Struktur Surat
Sewaktu sekolah kita pernah belajar surat resmi dan tidak tidak resmi. Nah, surat lamaran ini dikategorikan ke dalam surat resmi, jadi etika dan struktur penulisannya tidak asal-asalan. Mulai dari tanggal, ditujukan kepada siapa, tujuannya apa itu harus jelas. Kalau belum tahu pasti, maka tinggal lihat contoh-contoh sebelumnya.
4. Singkat, Padat dan Jelas
Dalam penulisan isi surat lamaran harus langsung ke tujuan. Pembukaannya cukup sedikit saja misalkan, “Sehubungan dengan adanya lowongan kerja yang ada di perusahaan Anda yang diterbitkan di harian kompas tanggal 12 Agustus maka saya berniat mengajukan lamaran dengan kualifikasi sebagai berikut…..”
Sebutkan dengan jelas, apa yang ingin sampaikan. Usahakan tulis dalam satu halaman, dengan ukuran kertas A4 atau F4. Setelah Anda menuliskan paragraf pertama, sebutkan informasi pribadi atau data diri Anda.
Uraikan pula kemampuan tambahan yang Anda miliki selain kemampuan dasar yang sudah dimiliki. Misalkan saya lulusan fakultas Geologi UNPAD tahun 2008. Saya bisa mengoperasikan komputer, diantaranya Microsoft office, photoshop, atau kemampuan lainnya yang Anda miliki. Kemudian Anda tuliskan untuk meminta sesi wawancara untuk menjelaskan diri Anda secara langsung di depan HRD.
5. Menuliskan Gaji
Jika suatu perusahaan tidak meminta menuliskan keinginan gaji yang Anda minta maka jangan sekali-kali Anda menuliskannya. Menulis permintaan gaji merupakan sesuatu hal yang mungkin dibilang sensitif. Karena itu akan ditentukan saat wawancara ketika HRD bertemu langsung dengan Anda. HRD akan menilai performance ketika sedang wawancara.
6. Bubuhkan tanda tangan dan nama jelas
Sangat penting membuat tanda tangan dan nama jelas di surat lamaran Anda. Ini menandakan bahwa Anda benar-benar telah menuliskan surat tersebut dan bertanggung jawab dengan semua hal yang kita tulis. Beberapa orang mungkin melupakan tanda tangan ini, tetapi sangat jarang karena jangankan surat resmi surat tidak resmipun kadang kita membubuhkan tanda tangan. Perlu diingat pula tanda tangan ini harus asli jangan sampai discan atau menyuruh orang lain menduplikasi tanda tangan Anda. Periksalah dengan baik sebelum kita memasukan berkasnya ke dalam amplop.
7. Harus Bersih
Usahakan juga dalam membuat surat lamaran diwajibkan dalam kertas yang berwarna putih. Kecuali kalau perusahaan membebaskannya atau menyuruh membuat lamaran yang unik. Membuat surat lamaran haruslah bersih, kalau ada sedikit kesalahan tulis atau salah huruf lebih baik diprint ulang. Jangan sampai karena kesalahan yang kecil membuat anda terlempar dari persaingan.
Selain itu, coba Anda juga berkonsultasi dengan beberapa orang yang sudah diterima kerja. Barangkali kita bisa membuat atau sebagai bahan pembanding bagaimana membuat surat lamaran. Terkadang beberapa perusahaan ada yang mempunyai gaya penulisan lamaran tersendiri. Banyak-banyaklah bertanya kepada orang yang sudah diterima kerja, kalau-kalau ada teman Anda yang bekerja di sana.
Tips II
Promosi
Isi surat akan lebih baik jika lebih mengedepankan kesan simpatik terhadap perusahaan yang anda inginkan untuk melamar pekerjaan di perusahaan tersebut. Promosikan diri anda sebaik mungkin dan semenarik mungkin, namun tetap tidak sombong dan tidak rendah diri pula.
Impresif
Buatlah pembaca terkesan terkesan tehadap surat lamaran kerja yang anda buat. gunakan kata - kata yang baik dan menarik sehingga mereka merasa tertarik untuk mengetahui diri anda lebih jauh lagi dan lebih dalam sehingga anda dapat mendapatkan posisi pekerjaan yang anda inginkan.
Kelebihan Anda
Anda dapat menuliskan prestasi yang pernah anda raih dalam pengalam kerja anda. Hal tersebut dapat membuat calon perusahaan yang anda inginkan tersebut mengetahui anda memiliki prestasi dan pengalaman yang layak untuk di pertimbangkan bahkan untuk dijadikan sebagai pegawai perusahaan tersebut.
Kosa Kata
Pilihlah kata - kata yang singkat, sederhana namun menarik para pembaca surat lamaran kerja yang anda buat. Buatlah penjelasan tentang diri anda sendiri secara efektif dan singkat. Tetapi ingat, tidak untuk menyombongkan diri namun tidak pula untuk merendahkan diri anda sendiri di depan para HRD perusahaan tersebut, sehingga anda dapat tetap di hargai di depan para pejabat perusahaan tersebut.
Berikut ini beberapa kiat yang mungkin dapat membantu dalam menulis surat lamaran pekerjaan.
Kesan Individual
Apabila seorang pelamar pekerjaan berencana untuk mengirimkan surat lamaran ke berbagai perusahaan yang menawarkan kerja pastikan bahwa telah menuliskan nama perusahaan dengan benar di dalam surat lamaran yang akan dikirimkan. Pergunakan nama serta jabatan yang jelas dan hindari kesalahan di dalam penulisan surat.
Singkat dan Padat
Dalam menulis surat lamaran pekerjaan janganlah membuat surat permohonan dengan cara yang mutar-mutar atau banyak tulisannya. Tuliskan surat dengan singkat dan padat. Pergunakanlah bahasa-bahasa yang mudah di mengerti oleh orang-orang yang membacanya.
Tidak perlu berusaha untuk mengesankan pembaca surat nantinya dengan secara sengaja mempergunakan kata-kata yang sulit dimengerti oleh orang lain.
Rapi dan Bersih
Hal inilah yang biasanya dilupakan oleh para penulis surat lamaran pekerjaan, karena ingin menulis surat dengan cepat mereka melupakan kerapihan serta kebersihan dari surat yang akan mereka kirimkan. Sebaiknya dalam menulis surat lamaran pekerjaaan gunakanlah program komputer untuk menuliskan surat lamaran tersebut.
Dengan begitu para pelamar pekerjaan dapat menuliskan surat lamaran yang rapi dan bersih sehingga mudah untuk dibaca dan enak untuk dipandangnya.
Isi
Suatu hal yang paling penting di dalam penulisan sebuah surat adalah isi dari surat tersebut. Terdapat beberapa bagian surat di isi yang perlu diperhatikan diantaranya yaitu pembukaan. Pembukaan ini disebutkan dimana mendapatkan informasi tentang lowongan kerja tersebut. Selanjutnya Ceritakan secara singkat posisi dan bidang pekerjaan Anda saat ini.
Pastikan bahwa pencapaian maksimum Anda dalam pekerjaan juga Anda ceritakan tetapi cukup secara singkat saja. Agar memberikan gambaran yang lebih baik, berikan informasi secara kuantitatif. Kemudian yaitu pendidikan. Jika diperlukan, Anda harus menuliskan latar belakang pendidikan Anda secara singkat. Kemudian bagian terakhir dari surat yaitu penutup.
Dalam penutup ingatkan pembacanya bahwa para pelamar mempunyai keinginan kuat untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Ada baiknya di dalam surat diyatakan kapan saat terbaik Anda bisa dihubungi untuk proses selanjutnya. Dan jangan lupa ucapkan "Terima kasih".
Surat Lamaran Kerja Profesional
Gunakan Bahasa Inggris
Dengan menyisipkan bahasa inggris di surat lamaran kerja kita, kita dapat menunjukkan kemampuan bahasa inggris kita kepada bagian HRD di suatu kantor yang anda inginkan sebagai kelebihan yang nada miliki tentunya. Walaupun kemampuan berbnahasa inggris anda tidak semahir yang bisa di lakukan, namun itu dapat memberikan kesan yang cukup baik untuk anda di surat lamaran tersebut.
Namun, pastikan dalam surat lamaran kerja yang anda buat tersebut anda menulis kata - kata dalam bahasa Inggris yang baik dan benar. Perusahaan - perusahaan besar saat ini tentunya memerlukan seorang karyawan yang memilikin kemampuan dalam bahasa Inggris. Karena seperti yang sudah kita ketahui bahasa Inggris merupakan bahasa dunia dimana kita menggunakan dalam bahasa inggris di negara manapun yang kita tuju.
Tonjolkan Sifat-sifat Terbaik
Tidak hanya dalam surat lamaran kerja yang harus kita tampilkan kelebihan kita dalam melamar pekerjaan dalam suatu perusahaan yang memebutuhkna karyawan, tetapi kita juga harus menampilkan kelebihan kita dalam sifat - sifat yang di butuhkan dalam pekerjaan. sifat - sifat yang paling dibutuhkan dalam pekerjaan yang paling dasar seperti sifat hati - hati dan intelegensi yang tinggi.
bahkan hal ini merupakan sifat utama yang harus dimiliki oleh setiap karyawan yang bisa lolos dalam seleksi penerimaan pegawai. Hal ini dapat kita perlihatkan dalam pembuatan surat lamaran kerja yang kita buat tanpa adanya kata - kata yang tidak mengenakkan atau pun ada kata 0 kata yang keliru dalam penulisannya. dan hal tersebut dapat memperlihatkan jati diri anda yang berhati - hati dan peka terhadap hal - hal yang kecil. Dengan kata lain, anda dapat memperomosikan diri anda dengan baik tanpa harus merendahkan diri anda sendiri.
Minta contoh dari teman-teman yang telah berhasil
Anda bisa meminta bantuan teman - teman anda yang telah bekerja di perusahaan - perusahaan besar yang telah memiliki pengalaman yang baik dalam urusan pembuatan surat lamaran kerja. Memang tidak selalu para karyawan yang memiliki keberuntungan untuk bekerja di perusahaan besar mengirimkan surat lamaran kerjanya pada perusahaan tersebut, namun tentunya mereka memiliki pengalaman yang besar yang dapat anda ambil dari masing - masing perusahaan tersebut. Dengan bertanya pada teman anda yang berpengalaman tersebut, anda dapat menentukan sendiri mana surat lamaran kerja yang baik mana yang buruk dengan penilaian yang objektif tentunya.
Gunakan kertas yang bagus, Print dengan mengunakan warna, dan Sertakan Foto
JIka selesai anda membuat surat lamaran kerja dan anda sudah menerima panggilan dari perusahaan yang anda inginkan. Anda bisa membawa surat lamaran kerja ini beserta CV dan kelengkapan surat yang lainnya seperti fotokopi ijazah, fotokopi daftar nilai, fotokopi KTP, dan foto diri untuk disertakan dalam surat lamarabn kerja tersebut. Kelengkapan -kelnegkapan tersebut dapat anda simpan dalam amplop yang dalam keadaan baik dan rapi.
karena seperti yang sudah kita bahas, menunjukkan hal yang baik dan positif merupakan sifat utama ynag harus dimiliki oleh seorang pelamar kerja yang lolos dalam seleksi lamaran kerja. Kita harus menonjolkan sifat utama yang harus dimiliki pada setiap pelamar kerja yang lolos yang salah satunya itu adalah kecerdasan, ketelitian, dan kesopanan yang dapat tercermin dalam surat lamaran kerja yang anda kirim ke perusahaan yang anda tuju.
Dan berikut kami lampirkan beberapa contoh dari penyususnan isi surat lamaran kerja yang baik :
mari kita lihat bagaimana contoh CV surat lamaran kerja yang baik untuk anda.
Jakarta, 29 Maret 2013
Hal: Lamaran Pekerjaan
Kepada Yth,
Bapak / Ibu HRD
PT. Maju Mundur
Dengan hormat,
Sesuai dengan pemberitaan mengenai lowongan pekerjaan dari PT. Maju Mundur, seperti yang termuat dari harian Fajar Surya pada tanggal 14 Oktober 2011. Saya mengajukan diri untuk bergabung ke dalam Tim Marketing di PT. Maju Mundur sebagai berikut:
Nama :
Tempat & tgl. Lahir :
Pendidikan Akhir :
Alamat :
HP :
Email :
Status Perkawinan : (single/nikah)
Saat ini saya bekerja sebagai staff di PT. Mundur Maju, Saya senang untuk belajar hal - hal yang baru, dan dapat bekerja dengan baik secara mandiri maupun dalam tim dengan baik.
Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :
1. Daftar Riwayat Hidup.
2. Foto copy ijazah S-1.
3. Foto copy sertifikat kursus/pelatihan.
4. Pas foto terbaru.
Besar harapan saya agar diberi kesempatan wawancara dan bertemu muka bewrsama, dan dapat menjelaskan lebih mendalam mengenai diri saya sendiri. Seperti yang tertulis di resume (riwayat hidup), saya mempunyai latar belakang pendidikan, pengalaman potensi dan seorang pekerja keras.
Demikian saya sampaikan. Terima kasih atas perhatian Bapak.
Hormat saya,
Dan untuk contoh surat lamaran kerja dalam bahasa inggris ialah sebagai berikut:
Hikmawati Putri S,E., A.k
Jl. Haji Salim no. 7
hikmawatiputri@yahoo.com
Telp:0351-8877665
Mobile:085752255522
Madiun, Mei 2 2013
To:
Devisi HRD
PT. Astra Intl Tbk – Toyota Sales Operation (AUTO 2000)
Dear Sir or Madam,
With kindly I would like introduce my self in order to join in your company as administration and I send this application and my biodata to offer my service.
Name : Hikmawati Putri S.E., Ak
Place&Birth Date : Madiun, July 23 1977
Age : 23 years old
Address : JL. H. Salim No.22 Rt/Rw 12/03 Bangunrejo Kab. Malang
Handphone : 085752255522 or 0351-8877665
Email Address : hikmawatiputri@yahoo.com
Maritial Status : Single
Education : Professional Education of Accounting at Gadjah Mada University
GPA : 3,75
I am nice, tough, torought, discipline, hard working, and communicative person. I can take pride in my self and my work well it i working is alone or with team, and cope well with high stress situations. I feel that my ability.
I will welcome the opportunity to explore how my experience in my life could best meet your needs. I will gladly welcome an opportunitys to have an interview and meet with you at your convenience in your company, so we could discuss about my qualifications further and in detail.
I hope to hear from you if you have an opening for someone with my qualifications. Thank you every much for your considerations and your respons with my applications.
Your faithfully,
(Hikmawati Putri S.E., Ak)
Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan Bagian Isi
Pada bagian isi surat, mencantumkan data-data sebagai berikut:
1. Data Pribadi:
Nama Lengkap
Tempat/ Tanggal Lahir
Jenis Kelamin
Status
Alamat
Telepon / HP
Email
2. Pendidikan
Cantumkan pendidikan baik formal atau non formal yang sudah Anda ikuti dan selesaikan.
3. Pengalaman Bekerja
Jika Anda pernah bekerja sebelumnya, cantumkan jabatan atau bidang yang pernah Anda dapatkan, namun jika belum pernah bekerja Anda cukup mencantumkan keahlian dan kemampuan atau posisi yang akan Anda lamar diperusahaan tersebut.
4. Lampiran
Dalam surat lamaran pekerjaan, Anda harus melampirkan dan melengkapi data-data, yaitu:
Daftar riwayat hidup atau Curriculum Vitae (CV)
Foto copy ijazah pendidikan terakhir yang pernah Anda tempuh.
Pas Foto terbaru.
Surat keterangan catatan kelakuan baik (SKKB) dari kepolisian (tidak begitu diwajibkan).
Surat keterangan catatan kesehatan dari dokter (inipun tidak begitu diwajibkan).
Empat poin diatas adalah poin-poin yang harus tercantum dan terdapat disurat lamaran pekerjaan. Berikut akan dilampirkan contoh cara membuat surat lamaran kerja atas dasar inisiatif sendiri dan berdasarkan informasi yang didapat dari surat kabar, Semoga dapat membantu memberikan gambaran mengenai isi surat lamaran pekerjaan.
Contoh cara membuat surat lamaran kerja karena Informasi dari media cetak:
Bandung, 6 Mei 2013
Perihal: Lamaran Pekerjaan
Kepada Yth:
Ibu/ Bpk Manajer Personalia
PT…
Bandung
Dengan Hormat,
Sesuai dengan penawaran lowongan pekerjaan dari PT. Seger Waras, seperti yang dimuat dikoran harian umum (sebutkan Koran yang memuat info lamaran pekerjaan) pada tanggal 25 April 2013, oleh karena itu saya mengajukan diri untuk bergabung menjadi marketing di PT. Seger waras,
Adapun saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama:
Tempat, Tanggal Lahir:
Jenis Kelamin:
Status:
Alamat:
No telepon/ Hp:
Alamat email:
Saya berusia dua puluh tiga tahun dan mempunyai pengalaman berorganisasi, menyelenggarakan acara-acara event organisasi, pernah bekerja sebagai marketing selama 1 tahun di sebuah perusahaan di Jakarta. Selama bekerja sebagai marketing saya mencari pengiklan, bertemu klien, membuat proposal dan perjanjian kerja sama.
Saya memiliki SIM C dan kendaraan sendiri serta dapat mengoperasikan komputer dengan baik. pembuatan laporan menggunakan Microsoft Excel, MS Word dan program power point, saya bersedia menggunakan kemampuan tersebut untuk pekerjaan administrasi. Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan pula data-data berupa:
Daftar riwayat hidup
Foto copy ijazah S.1 dan transkrip nilai
Fotocopy sertifikat kursus dan seminar
Pas foto terakhir ukuran: 2x3 dua buah
Besar harapan saya dapat bekerja di perusahaan yang Bapak/ Ibu pimpin. Dan saya berharap Bapak/ Ibu dapat mempertimbangkan lamaran saya dan memberi saya kesempatan untuk masuk pada tahap wawancara. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.
Hormat saya:
(Nama Anda dan diatasnya di beri tanda tangan)
Contoh cara membuat surat lamaran kerja atas dasar inisiatif sendiri (tidak berdasarkan informasi dari media):
Bandung, 06 Mei 2013
Kepada Yth:
Ibu/ Bpk Manajer HRD
Perusahaan …
Bandung
Dengan hormat,
Berdasar informasi bahwa perusahaan yang Bapak/ Ibu pimpin membuka lowongan kerja dengan posisi Public Relations. Bersama surat ini saya bermaksud melamar pekerjaan dengan posisi tersebut.
Saya berusia dua puluh tiga tahun dan mempunyai pengalaman berorganisasi, menyelenggarakan acara-acara event organisasion, pernah bekerja sebagai marketing selama 1 tahun di surat kabar harian di Jakarta. Selama bekerja sebagai marketing saya mencari pengiklan, bertemu klien, membuat proposal dan perjanjian kerja sama.
Saya memiliki kendaraan sendiri dan SIM C, serta dapat mengoperasikan computer dengan baik. pembuatan laporan menggunakan Microsoft Excel, MS Word dan program power point, saya bersedia menggunakan kemampuan tersebut untuk pekerjaan administrasi. Adapun saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama:
Tempat, Tanggal Lahir:
Jenis Kelamin:
Status:
Alamat:
No telepon/ Hp:
Alamat email:
Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan pula data-data berupa:
Daftar riwayat hidup
Foto copy ijazah S.1 dan transkrip nilai
Fotocopy sertifikat kursus dan seminar
Pas foto terakhir ukuran: 2x3 dua buah
Besar harapan saya dapat bekerja di perusahaan yang Bapak/ Ibu pimpin. Dan saya berharap Bapak/ Ibu dapat mempertimbangkan lamaran saya dan memberi saya kesempatan untuk masuk pada tahap wawancara. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.
Hormat saya,
(Nama dan tanda tangan diatasnya)
Segala hal yang ingin Anda lakukan, biasakanlah dengan konsep dan cara yang tepat agar Anda dapat membidik masa depan dengan baik, termasuk saat Anda ingin melamar kerja.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar